Sabtu, 01 September 2012

Cara Memasang Like Box Facebook di Blog Versi Mobile Seluler

Jika pada beberapa artikel sebelumnya telah di uraikan teknik atau cara yang di gunakan untuk memasang gadget pada templete Blogspot untuk tampilan seluler, maka pada artikel kali ini. NBZ akan menguraikan materi yang hampir serupa, yaitu tentang cara memasang kotak penggemar atau like box untuk menampilkan daftar pengguna Facebook yang menyukai halaman penggemar atau fans page yang kita kelola pada halaman blog yang ditampilkan dalam versi seluler.



Untuk memasang like box facebook pada halaman blog yang ditampilkan dalam versi seluler, maka terlebih dulu Anda harus membuka Halaman Pengembang Facebook untuk mendapatkan kode plugin like box Anda. Dimana langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Buka halaman pengembang Facebook, dalam hal ini adalah dengan membuka URL Developers Facebook
  • Masukkan URL Halaman Facebook atau Fans Page yang Anda kelola kemudian tentukan setelan untuk tampilan like box. Dalam hal ini misalnya: mengatur ukuran lebar dan tinggi, warna, maupun elemen yang akan ditampilkan pada like box. Dan untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.



  • Klik tombol ‘Get Code’ untuk mendapatkan kode plugin like box Anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.





  • Salin kode plugin untuk like box Anda, kemudian masuk ke ‘Dasbor Blogger’, buka menu ‘Template’, klik tombol ‘Edit HTML’, klik tombol ‘Lanjutkan’, dan klik kotak yang terdapat di depan pilihan ‘Expand Template Widget’. Dan selanjutnya cari kode <b:includable id='mobile-main' var='top'> untuk menyisipkan kode plugin tersebut.
  • Sisipkan kode plugin like box Anda tepat di atas kode </div> yang terletak diantara kode <b:includable id='mobile-main' var='top'> dan </b:includable> seperti pada contoh di bawah ini.



<b:includable id='mobile-main' var='top'> <!-- posts --> <div class='blog-posts hfeed'> <b:include data='top' name='status-message'/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:include data='post' name='mobile-index-post'/> </b:loop> <b:else/> <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:include data='post' name='mobile-post'/> </b:loop> </b:if> <iframe allowTransparency='true' frameborder='0' scrolling='no' src='//www.facebook.com/plugins/likebox.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fsemarbingungweblog&amp;width=292&amp;height=258&amp;colorscheme=light&amp;show_faces=true&amp;border_color&amp;stream=false&amp;header=false' style='border:none; overflow:hidden; width:292px; height:258px;'/> </div> <b:include name='mobile-nextprev'/> </b:includable>


  • Simpan template Anda


Dengan menggunakan teknik di atas, ketika halaman blog Anda dibuka dengan menggunakan perangkat seluler, maka like box akan ditampilkan di bagian bawah halaman posting seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Sementara itu untuk melihat hasil dari penerapan teknik tersebut dengan menggunakan komputer, dapat dilakukan dengan menambahkan ?m=1 di belakang URL artikel yang dibuka. Atau untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh yang terdapat pada artikel dengan judul “Membuat Daftar Artikel Terkait Pada Template Seluler Blogspot”. Dan perlu diingat pula bahwa teknik ini hanya dapat digunakan bila setelan pada pilihan template seluler yang digunakan adalah ‘Tersesuai’.

Dengan pertimbangan untuk mempercepat penayangan atau loading halaman ketika dibuka dengan menggunakan perangkat seluler, maka kotak penggemar (Like Box) pada halaman blog untuk tampilan versi seluler dapat pula diterapkan dengan cara memasang tombol like untuk Facebook Fan Page. Dimana tombol like untuk Facebook Fan Page yang dimaksud di sini fungsinya adalah serupa dengan kotak penggemar (Like Box) yang dipasang pada halaman blog untuk tampilan versi seluler, yaitu menghubungkan Halaman Penggemar Facebook dengan blog yang dimaksud. Uraian lengkap tentang hal tersebut, silakan buka artikel dengan judul "Memasang Tombol Like Untuk Facebook Fan Page Pada Blog Seluler".


Bila Anda juga ingin menambahkan dan atau memasang Facebook Like Box untuk halaman blog versi web yang dapat memunculkan kotak penggemar di halaman blog bila dibuka dengan menggunakan perangkat komputer, maka silakan buka artikel dengan judul “Cara Memasang Facebook Like Box Pada Blog Versi Web".

SUMBER

  1. Eltelu, di posting tanggal 2012/03, Cara Memasang Kotak Penggemar Like Box
  2. NBZ Blogger, di posting tanggal 2012/09, Cara Memasang Like Box Facebook Di Blog Versi Mobile Seluler
  3. (Click Here Your Blog Name)


1 komentar:

tips blogger dan computer mengatakan...

makasih sob sudah berbagi salam kenal

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...